10 Tips Foto Instagram Keren Kekinian

niche foto instagram keren dan kekinian

10 Tips Foto Instagram Keren Kekinian. Membuat foto instagram agar terlihat keren & kekinian tentunya perlu memahami dasar dari fotografi. Beberapa teknik fotografi merupakan dasar dari keseluruhan foto yang dianggap baik oleh banyak orang. Sehingga, bila kamu menginginkan sebuah foto instagram keren kekinian maka kamu perlu tau beberapa tekniknya.

Instagram tidak diragukan lagi menjadi salah satu situs berbagi gambar yang paling populer. Ini juga merupakan tempat yang sweet bagi para fotografer dan penggemar yang ingin membuat foto mereka diperhatikan. Tentu saja, popularitas Instagram telah menyebabkan persaingan yang ketat. Untuk membantu kamu eksis di platform media sosial ini, kami mencoba untuk berbagi beberapa trik foto Instagram untuk membuat gambar kamu lebih baik, menarik, dan indah.

Pernahkah kamu memposting foto yang tidak mendapat banyak perhatian? Jika kamu ingin memperbaikinya, kamu datang ke tempat yang tepat karena tips untuk foto Instagram yang akan kami bagikan akan membuat foto kamu lebih banyak likes, interaksi, dan juga menambah follower instagram kamu!

1. Foto Instagram Keren Kekinian Saat Golden Hour dan Blue Hour

foto instagram keren kekinian

Cahaya adalah segalanya dalam fotografi. Dan beberapa moment cahaya tertentu lebih menarik. Golden hour mengacu pada periode satu hari tepat setelah matahari terbenam, sedangkan Blue Hour adalah sekitar fajar saat sebelum matahari mulai muncul di langit.

Hanya dengan membayangkan dua kejadian alami ini saja, Kamu mendapatkan gambaran tentang jenis foto seperti apa yang dapat kamu ambil. Sebagian besar foto terbaik yang kamu lihat di Instagram tidak difoto pada siang hari; mereka diambil di pagi hari atau sore hari.

Alasannya sederhana, permainan shadow dan cahaya lembut dan hangat yang memengaruhi segala sesuatu di sekitar kamu. Dari warna misterius air dan pepohonan hingga matahari terbenam kemerahan keemasan, dua waktu terbaik ini adalah puncak dari sumber cahaya untuk fotografi.

Jika kamu ingin menangkap gambar yang teduh dan halus dengan bayangan yang lebih gelap, siapkan perlengkapan dan berangkatlah pagi-pagi sekali, foto di danau di dekat rumah kamu. Atau, pergilah ke bukit dan foto lingkungan sekitarnya. Jika kamu beruntung, kamu akan menangkap beberapa awan biru dan kabut muncul dari lembah. Di sisi lain, jika kamu bukan orang yang bisa bangun pagi, kamu bisa menunggu sore untuk mendapatkan moment ini.

2. Foto Instagram Rasio 1:1

Instagram-Tips-Tricks-3

Ketika kami memulai perjalanan dalam dunia fotografi, umumnya selalu berpegang pada “rule of third” Ini adalah aturan lama yang menuntut fotografer untuk menggunakan skema grid untuk menangkap tiga bagian terpisah. Dengan cara ini, subjek utama tidak dalam fokus yang utama, yang mengubah komposisi dengan cara yang lebih kreatif. Dengan cara ini, bagian tengah pemandangan bukan bagian tengah gambar, tetapi hanya satu dari tiga bagian yang sama. Feed Instagram hampir sepenuhnya menghancurkan aturan suci ini. haha…

Tips untuk mengambil foto yang lebih baik jika kamu ingin membuat gambar kamu lebih indah adalah dengan menggunakan rasio 1:1. Karena sebagian besar pengguna handphone menggunakan aplikasi Instagram di ponsel mereka, bidang tampilan layar jauh lebih kecil daripada yang ada di monitor komputer. Oleh karena itu, agar diperhatikan, subjek harus menjadi pusat perhatian. Pikirkan foto dengan area lebar bersama pasangan di kejauhan. Mereka berada di sisi kiri dan air terjun di sisi kanan dengan jalan berbatu di tengah. Apakah ini gambar yang menarik perhatian? Ya, tentu saja.

Instagram-Tips-Tricks-4

Sayangnya, karena keterbatasan layar handphone, foto ini tidak akan terlihat sebagus di komputer. Teknik editing yang lebih baik adalah dengan membingkai pasangan dalam rasio 1:1 untuk menonjolkan figur wajah mereka dan momen cinta dengan efek bokeh lembut di air terjun. Gambar akan jauh lebih menarik untuk Instagram karena akan menarik perhatian ke subjek foto.

3. Kamera DSLR Mirrorless Lebih Baik Daripada Kamera Handphone?

dslr mirrorless vs smartphone

Meskipun smartphone saat ini hadir dengan smart computer dan beragam pilihan fitur foto, kamera DSLR atau Mirrorless standar memiliki kekuatan yang tidak bisa dibandingkan di dunia fotografi. Mengambil foto dalam cahaya redup bisa sangat menantang bagi pengguna ponsel. Untuk kamera DSLR, hadir dengan sensor besar (baik format Fullframe maupun format APS-C) dan dan sensor akan mempengaruhi rentang dinamis dari foto. Mau buktinya? Coba cetak ukuran besar foto kamu!

Juga, ponsel sangat terbatas dalam hal lensa. Variasi lensa kamera sangat berguna ketika kamu perlu beralih dari sudut lebar untuk foto lanskap dan lensa makro untuk foto benda kecil yang lucu. Dengan cara variasi lensa, kamu tidak akan menghadapi masalah foto tidak fokus atau efek bokeh yang menembus subjek Anda (bokeh tidak natural).

slow speed

Kamera professional memberi kamu kontrol lebih atas settingan dalam hal ini lebih banyak opsi mode manual. Tips lain yang sangat bagus untuk membuat foto Instagram keren kekinian adalah menggunakan teknik slow speed, terutama jika kamu suka memotret air terjun atau air yang mengalir. Ini adalah hal teknik terbaik yang dapat dicapai dengan menggunakan kamera yang dikombinasikan dengan filter ND dan tripod. Sebuah teknik yang sulit dicapai di smartphone kamu.

4. Aktifitas Adalah Tema Foto Instagram Keren Kekinian

Saat ini merupakan era dimana setiap orang ingin dilihat aktifitasnya. Jika kamu memiliki hobi menarik yang melibatkan banyak action (mis. Olahraga) atau jika ada aktifitas yang ingin kamu coba, seperti arung jeram atau sesi pemotretan lainnya, bawa kamera kamu dan tangkap momennya!

Foto pose yang sedang memegang peralatan senjata atau gaya kamu yang berjuang untuk mengendalikan dayung di atas rakit adalah moment yang menawan. Aktifitas ini membuat foto kamu jauh lebih menarik di Instagram daripada selfie klasik atau “foto selamat pagi” yang sudah umum. Jika kamu ingin tampil beda, kamu harus berbeda.

Tema Foto Instagram Keren Kekinian

Mengambil foto aktifitas yang baik dan tentunya memenuhi syarat yang dianggap sebagai foto instagram keren kekinian sering kali membutuhkan latihan dan membutuhkan kesabaran. Tentu saja, dedikasi semacam itu tidak akan luput dari perhatian. Karena feed Instagram dibanjiri dengan gambar yang “biasa saja”, sesuatu yang berbeda akan membuat akun kamu lebih menonjol. Kamu tidak harus menjadi atlit untuk menikmati kegiatan saat beraktifitas. Kamu dapat menerapkan tips ini saat berada di alam, atau berjalan-jalan. Pastikan untuk memotret beberapa jenis gerakan atau aktifitas.

5. Temukan Niche Foto Instagram Kamu

Niche adalah sebuah ceruk. Niche menggambarkan bagaimana konsentrasi kamu dalam menentukan tema foto instagram kamu. Tips yang satu ini berlaku bagi kamu yang serius terlibat dalam fotografi dan yang sudah memiliki selera yang lebih baik dalam hal-hal yang ingin kamu potret. Pernahkah kamu mengikuti seorang fotografer (atau siapa pun yang memberikan nilai lebih dari foto mereka) di Instagram?

Kemudian kamu beralih dari memposting foto makanan ke foto selfie lalu ke foto pertemuan keluarga. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi bisa menjadi sebuah kebingungan dalam memberikan nilai bagi orang-orang yang mem-follow kamu di instagram.

niche foto instagram keren dan kekinian



Jika niche kamu adalah fotografi produk, tetap berpegang pada produk. Kamu dapat memotretnya dengan berbagai cara, tetapi pastikan feed instagram kamu konsisten. Jika kamu ingin memasukkan beberapa gambar lain yang berbeda, cobalah untuk memperkenalkannya secara bertahap. Misalnya, coba letakkan kalung (niche produk) yang kamu ambil pada leher seseorang dan ambil foto secara close up, lalu perbesar area dalam foto berikutnya untuk seluruh tubuh (portrait).

Konsistensi, seperti halnya apa pun dalam hidup, sangat penting untuk diperhatikan di Instagram. Followers kamu berharap kamu bisa memberikan value pada setiap postingan kamu. Mereka dapat memfollow kamu untuk foto landscape keren kamu, maka itulah yang mereka harapkan dari kamu. Jika kamu mulai memposting beberapa konten yang tidak terkait (niche berbeda), mereka akan melihat dan merasa kurang antusias dengan foto kamu. Jika kamu seorang pro atau berencana untuk suatu hari menjadi pro, atau jika kamu paling tidak ingin serius dengan feed Instagram kamu, terapkan tips ini: temukan niche dan konsisten.

Lanjutan Part 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *